Tuesday, August 27, 2013

Tips Memotret Landscape Agar Lebih Baik

night
Hai pecinta dunia photography :)
akhir-akhir ini banyak banget tuh orang pada menekuni dunia yang menyenangkan tersebut
oke langsung saja , disini aku akan berbagi tips nih gimana caranya agar memotret landscape lebih menarik dipandang :) gampang-gampang susah sih
monggo...



     1. Manfaatkan cuaca buruk
Saat cuaca buruk , sebenarnya landscape yang didapat menjadi lebih menarik, ketika cuaca buruk terjadi, orang-orang akan lebih banyak berdiam diri di rumah, nah, ini adalah kesempatan anda untuk mengabadikan moment ini. seorang fotografer tidak akan membiarkan cuaca buruk menghantui anda

saat cuaca buruk, anda dapat memotret objek petir,hujan,angin ribut dan lain-lain, tetapi anda harus perhatikan bahwa keselamatan anda sangatlah penting, so be carefull
     2. Carilah elemen latar depan yang bagus
Dengan menambah elemen latar depan pada foto anda, gambar akan berubah sehingga dapat menggambarkan sensasi yang lebih dalam. agar lebih bagus, sebaiknya menggunakan lensa wide angle dengan meningkatkan kedalaman jepretan anda.
     3. Fotografi landscape yang baik menggunakan perencanaan

Jika Anda ingin menangkap foto terbaik untuk adegan yang diberikan yang terbaik dari sebuah lokasi sebelumnya dan mengambil gambar beberapa tes sepanjang hari. Dengan begitu bisa melihat bagaimana pencahayaan alami mempengaruhi kejadian dan tahu kapan Anda harus kembali.
Kemudian, ketika Anda kembali, Anda dapat tiba sekitar 30 menit sebelum waktu, mengatur komposisi Anda dan siap untuk mengambil gambar bagus ketika pencahayaan bergerak sempurna ke tempatnya.

Sebagai aturan praktis, biasanya yang terbaik untuk mengambil foto landscape selama golden hour (atau magic hour) saat setelah matahari terbit atau sebelum terbenam. 
      4. Bracket eksposur Anda

Berikut adalah cara kerjanya: 
Menangkap satu gambar menggunakan pengaturan kamera Anda dianggap sebagai suatu keseluruhan eksposur yang tepat untuk pemandangan. Kemudian, gunakan tombol eksposur kompensasi (jika pemotretan dalam mode otomatis) atau aperture, shutter speed atau pengaturan ISO (jika pemotretan dalam mode manual) untuk memaksa one stop overexposure. Selanjutnya, memaksa one stop underexposure. Hal ini mengakibatkan tiga eksposur berbeda.
Jika Anda ingin menangkap lima eksposur, hanya diperlukan dua tembakan. Satu dengan dua stop overexposure dan lain dengan dua stop underexposure.
Kemudian, dalam perangkat lunak pengedit foto, seperti Adobe Photoshop, Element, Lightroom atau Apple Aperture, Anda dapat secara otomatis menggabungkan 3-5 foto bersama untuk membuat satu foto dengan rentang dinamis yang lebih menarik.
Semua elemen dalam adegan, dari bayangan gelap hingga highlight terang akan terekspos dengan benar.
    5. Kreatif dengan menangkap berbagai sudut/angle
Cobalah menangkap sudut pandang yang berbeda. Menembak dari atas tinggi atau sangat rendah ke tanah. Susun tembakan menggunakan Out of Focus Foreground Framing. Posisi unsur-unsur alami dalam sebuah adegan dalam cara yang unik. Menangkap adegan di malam hari. Gunakan refleksi. Dan lain sebagainya.
    6. Biarkan alam menjadi guru Anda
Anda bisa mempelajari semua tips dan trik di dunia tentang bagaimana untuk mengambil foto pemandangan atau landscape yang lebih baik, tetapi tidak ada sekolah atau workshop yang akan mengajarkan Anda bagaimana menjadi seorang fotografer landscape yang lebih baik dari alam itu sendiri.

Nah..selese deh :) selamat mencoba yaa, semoga bermanfaat
jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar

1 comment:

Berkomentarlah dengan baik, jangan mencela orang di Blog ini :)